Melati

Melati
Bernama latin Jasminum Sambac, adalah salah satu tanaman yang tergolong ke dalam perdu (kelompok pohon yang mempunyai tinggi di bawah 6 meter). Melati mempunyai bentuk batang yang tegak dan dapat tumbuh menahun dengan cara merambat. Tergolong ke dalam family zaitun (Oleaceae).

Melati hampir tersebra di seluruh negara yang ada di dunia termasuk itu juga Indonesia (kecuali mungkin di Wakanda,..heheh), tanaman ini tidak butuh jenis atau media tanam khusus, bahkan bisa tumbuh di pinggir2 jalan, tapi soub..jangan sekali-kali bilang kalau tanaman ini bunga murahan,..gelut kita itu....

Ada yang pernah nonton serial Band Of Brother episode Carentan, di salah satu scenenya di perlihat bagaimana tentara2 jerman menyematkan sekuntum melati di dada kanan mereka, dan ini bukan sembarang di lakukan melainkan oleh mereka yang benar2 memiliki jiwa kepahlawanan tingkat tinggi, dan benar saja, di negeri kita tercinta ini Melati adalah simbol Puspa Bangsa, karena perwajahan dari  kemurnian dan kesucian jiwa.

Hampir sama dengan mawar, melati ini termasuk tumbuhan tropis, dapat tumbuh dimana dan kapan saja, di setiap rumah hampir pasti ada tanaman ini, selain wanginya yang khas konon wangi dari melati ini bisa bikin serangga nyamuk ndak betah lama-lama tinggal, bisa jadi obat anti nyamuk herbal juga.

Melati familiar di acara nikahan, potongan-potongan kembang ini banyak di gunakan sebagai ornamen pernikahan, terutama yang menikah dengan adat jawa, pasti tuh ada untaian melati, mulai dari bagian kepala sampai ke bawahan busana pengantin.

Berikut beberapa manfaat dai bunga melati.

Yang pertama, bikin segar perasaan, soalnya wanginya yang harum bisa jadi aroma terapi buat yang settres, saya sendiri kalau lagi penat, sempatkan diri buat mendekat ke tumbuhan ini dan merasakan aromanya yang khas.

Yang kedua bisa di buat aroma teh, saya ndak tau persis bagaimana prosesnya, apa bunganya yang langsung di ambil atau bagaimana, tapi banyak tuh jenis teh yang beraroma melati, coba sesekali makan dengan minumnya teh melati, apalagi yang dingin....ueeenak....

Yang ketiga, masih saya pikirkan...hahaha

Ok gaes....selamat sore menjelang malam semua...

Salam

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2018 My Chapter: Melati Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About