Kam Hu Ya Akhi

Kompleks Pertokoan Di Madinah
Kam Hu Ya Akhi, Kam Hu Ya Akhi, Kam HU Ya Akhi,...3 suku kata arab itu terus saya ulang2 sepanjang pagi ini, setelah berjuang mencari jaringan internet yang bagus untuk membuka Google Translate buat mencari kosa kata arab Berapa Harganya Sodaru Ku, yang dalam bahasa arabnya ya itu,..kam hu ya akhi.
Planingnya hari ini, mau belanja untuk pertama kalinya di tanah arab, rencananya mau beli sorban yang sejak kemaren sore sudah saya senter-senter jauh, warnanya coklat, sepadan dengan baju dan celana saya yang juga berwarna coklat, pemakain sorban bukan untuk gaya-gayaan supaya di bilang ke arab-araban, tapi murni karena di butuhkan untuk meredam teriknya sengatan matahari di kota Madinah yang bisa sampai 48 derajat celcius.
Kam Hu Ya Akhi, kembali saya mengulang 3 suku kata itu, biar fasih ucapnya biar juga di bilang nggak mudeng2 amat dengan bahasa arab,..wkwkkw.
Jam sudah menunjukan pukul 09 pagi waktu Madinah Al Munawarah,..sip ..sudah siap nih...lalu kaki melangkah mantab ke sebuah toko yang memang posisi toko itu tepat berada di depan hotel, memang ada teman yang sudah memberi tahu untuk tidak berbelanja di toko yang berada tepat didepan hotel, karena harganya biasa 2 kali lipat dari harga di pasar2 di kota Madinah atau di Mekkah pada umumnya, tetapi saya sudah ndak tahan dengan udara dan terik matahari, penggunaan sorban paling tidak bisa meredam sengatan terik matahari yang cukup membuat bibir dan kulit wajah pecah-pecah dan terkelupas.
Agak ragu sih mengucapkannya maklum kosa katanya terasa sedikit agak aneh, tapi dasar pengin di bilang familiar dengan bahasa arab, tetap saja memaksakan mengucapkannya di depan penjual sorban itu.
Saya : kam ya akhi (dengan mimik wajah dibuat kearab-araban, bagaimana bentuknya pikirkan sendiri soub,..heheh, sambil ngeelus-elus sorban yang sudah saya lihat sejak kemaren sorenya)
Penjual Sorban : ini murah bos, cuma 15 riyal, silahkan di coba, cocok dipakai sama bos
Saya : @#$%%^%^$%@#$^%&^&^&%,..... (ngemaki dalam hati,...cesssss....ana sikolah ini eee...sudah payah ku hafal ini kosa kata, pake kejar2 jaringan lagi,eh na kasih bahasa Indonesia ka)....
Sejurus kemudian baru saya sadari kalau dunia ini memang sempit,...Indonesia punya tenpat tersendiri di negeri arab, dan memang di beberapa tempat di papan2 petunjuk di instalasi milik pemerintah dan swasta selalu terselip beberapa kosa kata bahasa negara kita, bahkan tak tanggung2, aparat2 keamanan dan petugas2 masjid fasih melafalkan beberapa kosa kata atau kalimat menggunakan bahasa Indonesia, yang pernah ke 2 tanah suci ini pasti sangat tau sekali, kalau saban waktu akan terdengar polisi atau askar disana bilangnya "bapak tolong minggir, ibu silahkan duduk, yang perempuan sebelah sana, yang laki2 sebelah sini, dan lain2".

Petunjuk Bahasa Indonesia Di Arab Saudi

... dalam hati akhirnya saya bangga menjadi warga negara ini. Salam 2 jari... Hari ke 22 Bulan ke 6 tahun ke 2019 di Madinah Kota Nabi
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar